Saturday, May 27, 2017

Happy Ramadhan

Ramadhan 1438 H
1st day
Ramadhan tahun ini rasanya lebih well prepared. Pertama karena  tanggal 1 Ramadhan bertepatan dengan hari Sabtu,  saya tak perlu ambil cuti untuk mendampingi puasa hari-hari awal untuk Keenan dan bisa menyiapkan aneka bahan untuk persiapan buka dan sahur. Ini adalah tahun kedua Keenan belajar berpuasa. Senjata pengalih lapar sudah daya siapkan yaitu mainan baru KARPET ULAR TANGGA, kolek film UPIN IPIN dan janji membelikan mainan di hari Ahad ke 3. Hal-hal sederhana yang bisa membuat senyumnya merekah.

Di hari pertama puasa saya dan suami juga lebih longgar dalam hal jam bermain baik games handphone maupun bersepeda dengan kawan-kawannya. ‘Bunda haus’, rengeknya. Jam  baru menunjukkan pukul 08.00 pagi. Namun badannya sudah lengket keringat karena sejak ba’da Shubuh bermain di sekitar rumah. Dengan beragam alasan, Keenan mampu bertahan. Namun saat  tangisnya nyaris pecah ‘ Bunda hauuus’, akhirnya saya bolehkan meneguk segelas air bening di saat jarum jam menunjukkan pukul 11.00. Nanggung. Setelahnya makan sangat lahap ba’da dhuhur dan buka puasa bedug maghrib. Alhamdulillah untuk anak usia 5,5 tahun.

Alasan kedua, karena awal puasa hari libur, saya punya cukup waktu untuk beberes rumah, membersihakan dapur, kulkas dan rak perkakas makan. Selanjutnya pergi ke pasar untuk membeli perbekalan perang. Eits, macam besok lebaran saja. Pasar ramai sungguh.  Hasilnya  bumbu dasar putih, bumbu, dasar merah, bumbu dasar kuning, ayam kampung ungkeb, daging sapi setengah matang dan potongan sayur yang sudah bersih berjejalan di dalam kulkas.

Setidaknya sampai seminggu kedepan, memasak menu sahur akan lebih cepat. Sedang menu buka puasa sepertinya akan lebih sering beli matang saja, karena jam pulang kantor terlalu mepet.


Happy  Ramadhan J

No comments:

Post a Comment