Monday, November 14, 2016

MENABUNG DINAR EMAS DULU, BERANGKAT UMRAH KEMUDIAN

Masih ingat konsep pengaturan keuangan 10-20-30-40 kan ya J
10% dari gaji untuk  TABUNGAN (lallallaaaaa…)
20% dari gaji untuk biaya HOBI dan sosial (beli baju,travelling ,wisata kuliner , kondangan )
30% dari gaji untuk bayar HUTANG termasuk kartu kredit  ( ambil kalkulator)
40 % dari gaji untuk HIDUP sehari-hari  (what ? ga cukup dong !)

Nah mau bahas yang  poin 1 nih, TABUNGAN.
Jika dahulu definisi menabung adalah menyisihkan uang , saat ini menabung sudah menjadi kewajiban. Lebih jauh lagi dengan sebutan investasi.
Rasanya pameo dipikir sambil jalan, sudah tidak relevan di era digital kini. Bermimpi, berencana, dan eksekusi. Anda ingin punya rumah, harus punya tabungan untuk bayar uang muka dong. Anda ingin liburan,  siapkan tabungan travelling dulu dong. Jangan terlampau ringan tangan dengan sedikit –sedikit ada kebutuhan maka langsung gesek kartu kredit. Jika itu Anda lakukan, selamat menempuh jalan penuh lumpur yang akan membuat Anda  terjerembab.

# Sudah punya tabungan dana sekolah anak ?
#Sudah punya tabungan dana travelling ?
#Sudah punya tabungan dana pernikahan anak ?
#Sudah punya tabungan untuk berangkat umrah atau haji ?


Emas merupakan salah satu jenis tabungan dan atau investasi yang cukup likuid. Iya, beli keping emas hari ini, besok dijual, bisa. Perempuan biasanya lebih suka mengoleksi emas sebagai perhiasan ketimbang emas batangan atau kepingan. Tidak salah, hanya saja jika emas berupa perhiasan  dijual, maka yang dihitung hanya berat bersih emas saja tanpa harga pembuatan yang bisa jadi dahulu saat beli cukup mahal karena bentuk yang unik J
Bagaimanana dengan  Dinar emas atau koin emas. Satu  koin emas  beratnya 2,25 gram. Bentuknya keping atau koin kualitas emas 22 karat. Harganya  relatif fluktuatif mengikuti pergerakan emas murni dunia. Bisa dilihat disini  www.geraidinar.com.
 Apalagi harga emas ya Pak, Bu, harga cabe saja setiap hari bisa berbeda di musim penghujan begini J

Bagaimana menabung dinar emas bisa untuk biaya umrah ?
Pergi ke tanah suci Mekkah melaksanakan umrah  menjadi pilihan saat ini seiring dengan semakin panjang daftar tunggu  pergi haji hingga 23 tahun di banyak kota/kab di Indonesia.
Dengan rutin menabung dinar emas, biaya ke tanah suci menjadi ringan, bagaimana caranya ?
a.       Menabung dinar emas  bisa secara cicilan, Anda bisa datang ke kantor pegadaian atau lembaga keuangan lain yang melayani tabungan dinar atau cicil emas seperti www.geraidinar.com yang sudah memiliki cabang di berbagai kota di Indonesia.
b.      Misal harga dinar emas hari ini Rp.2.046.629,-. Anda bisa menabung  utuh 1 koin dinar emas dengan menyediakan dana sebesar tersebut . Atau jika dana Anda hanya Rp.1.500.000,- maka tabungan Anda sebesar 0,732 dinar emas.
c.       Jika Anda rutin menyisihkan dana tersebut , 2 tahun kemudian Anda bisa berangkat umrah bersama pasangan J
Harga 1 koin dinar emas relative stabil terhadap inflasi. Sekian tahun lalu harga 1 koin dinar hanya Rp.1.600.000, - namun pada saat itu sudah bisa membeli satu ekor kambing untuk kurban di Hari raya Idul Adha. Pun demikian sekarang saat 1 koin dinar emas bergerak di kisaran Rp.2 jutaan, juga sudah bisa mendapatkan satu ekor kambing standar.
Dinar emas juga bisa dimanfaatkan untung tujuan lain, seperti biaya sekolah anak atau kawinan J

Yuk aah, cerdas, cermat menabung.

1 comment:

  1. pengin juga tuh bisa menabung seperti itu tapi kdang manusia pada prakteknya kdang rada susah hhe

    ReplyDelete