Skip to main content

Fortune Indonesia Summit 2022: Semangat Pembaharu Para Tokoh Muda

 

Raffi Ahmad dalam salah satu sesi Fortune Indonesia Summit 2022

Friday is coming! Yeay, hari Jumat adalah hari menyenangkan buat saya. Kenapa ? Karena waktu istirahat kantor sedikit lebih lama yaitu digabung dengan salat Jumat. Iya sih, yang salat Jumat para bapak, sedangkan para emak jumatan juga di seberang masjid alias window shopping atau sekedar jajan mie ayam  bakso.

Jumat pekan ini cuaca mendung diselingi gerimis manja manis. Sudah medio bulan Mei namun hujan masih sering menyapa. Jadilah saya memilih menghabiskan waktu istirahat di ruang kantor saja. Nge-drakor? Tentu saja tidak.  Saya penganut nonton film santai di malam hari, bukan curi-curi waktu di jam kantor, haha. Malesan aja ketauan atasan, bukannya bikin action plan malah bikin action meme, haha.

Saya memilih berselancar ke beberapa situs berita dan bisnis ekonomi favorit. Laman Fortuneind.com adalah satu platform bisnis -for leaders dan decisions makers-yang rajin saya tengok.  Oh iya, karena bekerja di bidang keuangan maka hobi baca media online bertema bisnis dan ekonomi menjadi wajib, meskipun sesekali tetap melipir ke kolom entertainment. Loh iya, ini bagian dari menambah wawasan juga dong. Bisnis entertainment kini tidak bisa dianggap bisnis receh juga. Lihatlah akun youtube pesohor dengan followers jutaan, sanggup mendatangkan cuan berlimpah!

Gurita Bisnis Sultan Andara, Raffi Ahmad 

Ngomongin youtuber wajib nyebut nama Raffi Ahmad.  Dia baru saja dinobatkan menjadi salah satu Fortune Indonesia Businessperson of The Year 40 Under 40. Keren ya! Awalnya sih saya B aja, tapi saat melihat tayangan bagaimana Raffi tampil smart dalam salah satu sesi Fortune Indonesia Summit 2022, Kamis (19/5) sore lalu, banyak pihak terpukau, termasuk saya.  

Winston Utomo, CEO IDN MEDIA
 Fortune Indonesia Summit 2022

Fortune Indonesia Summit 2022  merupakan konferensi ekonomi bisnis yang pertama kali diselenggarakan majalah Fortune Indonesia dengan mengangkat tema impact, sustainability dan growth. Acara ini dihelat selama 2 hari yaitu 18-19 Mei 2022 di The Westin Jakarta dengan menghadirkan 31 speaker  hebat tanah air yang terdiri dari multi-stakeholder.

Syarat menghadiri event tersebut adalah berlangganan majalah Fortune Indonesia minimal satu tahun melalui official store. Maka beruntunglah para pelanggan setia majalah Fortune Indonesia untuk tidak melewatkan acara bergengsi tersebut. 

Sebagian besar orang  selama ini hanya melihat Raffi sebagai artis doyan konten. Iyalah, dari bangun tidur, makan, beli pakaian, ngobrol sampai tidur lagi dijadikan konten. Dan itu yang nonton jutaan, dong. Orang kepo banget dah dengan kehidupan artis.  Jadi no wonder, pandemi pun dia tetap bisa berkarya dari rumah. Disaat yang sama, selama 2 tahun terakhir sebagian besar orang hidup di rumah ditemani kuota. Baiklah, dia makin berjaya dengan pundi-pundi rupiah.

Artis sekaligus pengusaha, begitu profesi yang disemayamkan pada Raffi  bersama Nagita yang berhasil membawa RANS menelorkan banyak gurita bisnis mulai dari  RANS Music, RANS Entertainment, RANS Animation Studio, RANS Beauty, RANS Cilegon FC dan terbaru sedang membangun RANS Carnaval City Zoo di  Jakarta Utara.

Terkini Raffi membeberkan sedang merintis RANSVERSE, salah satu proyek multiverse yang akan melibatkan 300 animator. Ini beneran keren sih. Tentu saja dia tidak sendiri. Nama Rudy Salim- pemilik Prestige Corp - , Wafa Taftazani -CEO Upbanx -, dan sederet  investor lain nampak berminat dengan lini bisnis baru tersebut.

Optimalisasi Bonus Demografi

Menyimak laporan sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, jumlah generasi Y atau millenials dan generasi Z mencapai 70% persen dari total populasi 272 juta jiwa. Merupakan bonus demografi yang tidak bisa dianggap enteng. Tantangan versus Peluang.

hasil SP 2020 sumber 

Lonjakan usia produktif adalah tantangan berat yang dihadapi bangsa ini. Dalam sepuluh hingga duapuluh tahun  kedepan, Indonesia harus mampu memanfaatkan bonus demografi, dimana pasokan sumberdaya manusia berlimpah sekaligus pasar komersil industri. Jika keduanya bisa berjalan beriringan diharapkan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia mampu naik dari middle income country ke high income country.

Fortune Indonesia menjadi bagian yang terlibat untuk menaikkan popularitas para tokoh muda berprestasi dengan  bekerja keras dan cermat menyaring 200-an kandidat yang mampu melakukan banyak terobosan, berdampak besar, memberikan manfaat sesama dan tidak mudah menyerah dalam dua tahun terakhir. 

Mereka yang mampu menginspirasi dari kiprah mereka di bidang masing-masing di rentang usia kurang dari 40 tahun. Terdapat 5 kategori  dengan para awardee diantaranya:

1. Business
    A. Zaky Bukalapak, Anderson Sumarli Ajaib
2. Entertainment
    Arief Muhamad, Raffi Ahmad, Rich Brian
3. Government & Public Policy
    Nadiem Makarim, Putri Tanjung, Emil Dardak
4. Social
    M Alfatih Timur
5. Sport
   Greysia Polii& Apriyani Rahayu, Eko Yuli Irawan

Bagian yang menarik adalah masuknya M Alfatih Timur, founder kitabisa.com dalam jajaran Fortune Indonesia Businessperson of  The Year 40 Under 40 bidang sosial. Di usianya yang belum genap 30 tahun,  tokoh muda yang biasa dipanggil Timmy ini, berhasil  membawa lembaga crowdfunding kitabisa.com ke level lebih tinggi. Berawal dari ketertarikannya pada  wirausaha dan inovasi sosial, Timmy membangun kitabisa.com kemudian mengenalkan kepada sesama mahasiswa lebih dahulu. Jalan berliku dilalui namun dia tidak menyerah. Saat ini kitabisa.com menjadi platform urun dana terbesar di Indonesia dengan donasi tersalur kepada yang layak dan membutuhkan lebih dari 370 milyar (okezone.com 21/1/2022).

Dan jangan lupa dan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu, pebulutangkis ganda putri yang mampu menaikkan adrenalin kita kembali di pertandingan  internasional setelah era Susi Susanti. Selamat untuk kalian para pembaharu muda !

Comments

  1. Iyes mbak, menurutku masuknya founder kitabisa.com sebagai salah satu orang yang berhasil under 40 itu emang keren abis. Mengingat begitu panjangnya perjuangan membesarkan platform tersebut. Yang pasti event kemaren itu bisa kasih insight buat banyak orang...sayang nggak ikutan hadir ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, beneran seneng lihat tokoh muda berprestasi yaa

      Delete
  2. Raffi Ahmad emang keren banget ya^^

    ReplyDelete
  3. Event bisnis yang spektakuler tapi sangat bergengsi untuk dihadiri. Apalagi dengan insight dari pebisnis yang sudah mumpuni.

    ReplyDelete
  4. senang deh mbak, tahu anak muda ini produktif banget, pencapaian mereka luar biasa, smeoga bisa menjadi panutan yang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yang begini yang jadi panutan, beneran kerja kerasnya bukan sekejab langsung bergelimang harta, haha

      Delete
  5. Mereka yang masuk award di Fortune Indonesia Summit 2022 pasti benar-benar menikmati setiap prosesnya ya, mbak. Semoga bisa menginspirasi anak muda lainnya, termasuk saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, itu dia Semua butuh proses, tidak ada yang simsalabim

      Delete
  6. Mereka emang the best! Suka dengan dobrakan mereka di bidang màsing-masing. Nggak cuma ngikuti mainstream, tapi berani nyoba dan konsisten. Nggak nyerah meski jatuh dan jatuh lagi. Menginspirasi banget!

    ReplyDelete

  7. Mereka emang the best! Suka dengan dobrakan mereka di bidang màsing-masing. Nggak cuma ngikuti mainstream, tapi berani nyoba dan konsisten. Nggak nyerah meski jatuh dan jatuh lagi. Menginspirasi dan bikin salut..

    ReplyDelete
  8. Raffi Ahmad jadi magnet ya Kak nhehe... Salut untuk Fortune Indonesia Summit 2022. Acaranya pembicara top

    ReplyDelete
  9. Sesinya Raffi ada videonya gak ya, di YouTube? jadi penasaran. Idenya memang smart sih yaa ... buat metaverse itu ... luar biasa,masih muda pula, masya Allah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada Kak. di beberapa kesempatan lain sempat lihat juga dia ngomongin metaverse

      Delete
  10. Bangga dan seneng lihat anak-anak muda keren dan berprestasi. Bahkan sebelum 30 tahun

    ReplyDelete
  11. Acara seperti ini sangat bermanfaat banget Kak soalnya pengalaman adalah guru terbaik dan narasumber acara ini 100% sudah teruji pengalamannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran bisa jadi influencer ya...bukan sekedar viral aja

      Delete
  12. Melihat nama-nama yang mentereng di acara sebesar itu jadi pemantik untuk semangat berkarya lagi. Pengalaman jatuh bangun mereka sangat penting sebagai refleksi, kalau usaha itu pasti pernah gagal, lelah dan ingin mengeluh juga. Keren pokoknya.

    ReplyDelete
  13. Kalau liat orang-orang muda penuh karya ini, kadang suka bertanya-tanya, bahan bakar semangat mereka ini sumbernya dari apa ya?

    ReplyDelete

Post a Comment

popular post

Merencanakan Pendidikan Anak Sejak Dini, Perlukah ?

Cedera Tulang pada Anak

5 Jurus Bijak Menghabiskan THR