Tuesday, January 10, 2017

3. Mata kuliah WAJIB 4 SKS: MASAK MPASI

SERIAL BUN-BUN

#Bun-bun yang  sedang punya baby usia 5 bulan dan tetap full ASI, JEMPOL!
#Bun-bun yang sedang punya baby usia 5 bulan dan tetap berjual ngASI walau sedikir dicampur sufor, JEMPOL !
#Bun-bun yang sedang punya baby usia 5 bulan dan sedang  dinas luar kota, JEMPOL!
Sebulan lagi masuk tahap MPASI , Bun.

Sudah prepare peralatan tempur ? Saat Keenan usia 4 bulan, saya sudah mulai membeli beberapa peralatan dapur tambahan seperti wajan anti lengket, mangkuk stainless, parutan keju, saringan kawat, pancil kecil,dan cetakan es. Tak lupa cetak aneka resep MPASI dan mempelajarinya. Senyatanya MPASI Keenan maju 2 minggu, tepatnya 5,5 bulan sudah mulai makan pure avokad. Why ? Karena usia segitu dia sudah bisa merangkak. Asumsi saya, dia butuh asupan makanan lebih banyak ( (plus sudah dikomen sebelah, kapan makan :-p )

MPASI lebih baik diawali dengan buah, sayur atau tepung ? Kalau saya masuk golongan coba-coba seperti pure avokad, pure pir, pure kentang, bubur tepung gasol dll. Setiap anak tentu berbeda preferensinya. Kuncinya NO GULGAR sampai usia 1 tahun. NO PENGAWET DAN NO MSG selamanya ,sebisa mungkin. Kemudian kenalkan aneka jenis sayur, buah, protein hewani dan protein nabati.

Pada anak tertentu protein hewani bisa menyebabkan alergi. Cuma Bunda yang rajin menyiapkan menu masakan anak, tahu persis setiap perubahan tekstur makanan dan pengaruhnya terhadap  tekstur BAB :-)

Jika bagi sebagian orang pisang kerok adalah buah yang tepat untuk makanan awal bayi, nyatanya saat saya terapkan pada Keenan, dia sembelit, tidak bisa BAB sampai 3 hari. Ketika kemudian saya berikan bubur pepaya, justru sebaliknya, BAB nya encer sekali. Kemudian kedua menu tersebut saya stop selama sebulan, saya ganti dengan pure pir. Alhamdulillah amaan. Selanjutnya pisang baru saya perkenalkan lagi ketika usia 9 bulan, dan tidak lagi sembelit.

Telur dan kaldu ayam kota sempat membuat alergi saat Keenan usia 7 bulan. Sekujur badannya memerah seperti terkena biang keringat dadakan. Campuran menu kaldu baru saya kenalkan lagi setelah usia 1 tahun.

Percaya saja, apa saja yang Bunda masak, yakin si anak akan lahap. Karena masaknya dengan cinta (. Setelah usia 1 tahun akan lebih seru membuat daftar masakan anak. Saya pilih metode frozen food untuk menghemat waktu. Hasilnya, pagi-pagi Keenan bisa sarapan sup segar berbahan wortel,brokoli,jagung dan kaldu sap yang disiapkan kurang dari 5 menit . Hmmmm yummy:-)


No comments:

Post a Comment