Tuesday, January 10, 2017

4. Tips Trick Membuat Makanan Beku Sehat (Healthy Frozen Food)

SERIAL BUN-BUN

Sibuk namun tetap ingin memberikan menu sehat nan alami untuk si kecil? Metode frozen food bisa jadi pilihan.
Kenapa frozen food ?
Bagaimana kadar nutrisinya ?
Bagaimana tingkat higienitasnya ?

Teknologi freezer dalam lemari es memang bisa menangkal bakteri masuk dalam makanan. Aturan dasar makanan dalam freezer bisa bertahan selama 6 bulan. Seperti halnya ASIP (Air Susu Ibu Perah) beku. Demikian pula halnya dengan makanan. Sebagian besar makanan bisa di-beku-kan untuk kemudian dihangatkan dan siap disajikan untuk anak.
Nutrisi dalam makanan beku bisa jadi berkurang,namun tidak sangat banyak. Setidaknya masih jauh lebih baik ketimbang kita berikan makanan instan yang sudah pasti berpengawet.
Selama proses masak benar, alat masak bersih, tingkat higienitas masakan buatan sendiri masih lebih terkontrol daripada masakan warungan.Apalagi untuk bayi yang daya tahan tubuh belum optimal.
Dengan membuat forozen food kita akan menghemat tenaga, karena porsi makanan bayi adalah porsi kecil. Maka akan praktis jika membuat satu jenis makanan dalam jumlah banyak dan bekukan. Kunci dari makanan beku adalah kukus makanan dan bentuk pure (bubur), masukkan dalam icecub. Tata dalam freezer. Beres.

Jenis makanan yang bisa dibekukan :
Jenis sayuran : wortel, brokoli, kentang, jagung, labu, kacang merah
Jenis hewani : daging ayam giling, daging sapi giling, kaldu
Jenis nabati : tempe, tahu

Tahapan pembutan makanan beku :
 Buat daftar menu untuk 1-2 minggu.
Sekalipun makanan beku bisa tahan sampai dengan 6 bulan, namun sungguh tega emak-emak yang memberi makanan berumur 4 bulan lalu. Oh common.
Pilah bahan yang bisa dibekukan dalam bentuk pure atau dalam bentuk potongan. Misal brokoli di bekukan dalam bentuk kuntum yang sudah direbus.

Sebaiknya buat frozen food kala libur akhir pekan. Atau jika tak sempat buat pada malam hari.
Siapkan semua bahan yang akan dibekukan.
Misal :
parut wortel/jagung, kukus, masukkan icecube, masukkan freezer
kukus kentang/labu, haluskan(bejeg-bejeg) masukkan icecube, masukkan freezer
Buat kaldu ayam/sapi, tuang dalam icecube, masukkan freezer.
Koleksi makannan dalam icecube dipisah berdasar jenisnya. Masukkan dalam wadah plastik kedap udara. Jika saat weekend kita sudah membuat stok makanan dalam icecube, maka hari Senin dan seterusnya tinggal kombinasikan kesemua bahan atau sesuai daftar menu yang sudah dibuat.
Misal menu pure kentang dan sup ayam.
Tinggal ambil 2 kotak kentang beku, 1 kotak kaldu ayam beku, 2 kotak kuntum brokoli, 1 kotak wortel. Masukkan dalam mangkok tahan panas. Taruh dalam magic jar selama 5-10 menit atau microwave selama 1 menit.
 Tarrraa….jadilan semangkok sup sedaaap.Sedaaapnyaaa

No comments:

Post a Comment