Tuesday, May 30, 2017

Menikmati hidangan

RAMADHAN 1438H
Day 4th
Hadits Adab Makan
Sammillahakulbiyaminiika wakulmimmaa yaliika
Bacalah basmalah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah yang ada didekatmu.

Salah satu hadits yang harus dihafal Keenan untuk jadual ujian hari ini. Selainnya ada hadits larangan minum dengan tangan kiri dan larangan meniup makanan. Ujian apa ? Ujian kelulusan TK A J

Bersyukur atas makanan yang terhidang di meja, itu pula yang sejak dahulu diajarkan Bapak. Belum pernah saya mendengar Bapak mengeluh mengenai masakan Ibu.  Menu sarapan dan makan siang sama, tetap lahab. Menu makan malam selama berhari-hari telur dadar kecap,alhamdulillah. Pun Keenan , asal ada telur atau tempe dengan sayur kuah, anteng dia.

Saya sedikit kesulitan menerangkan untuk  anak usia balita, bahwa puasa dengan menahan lapar itu untuk paham bahwa tidak semua hal yang kita inginkan bisa dipenuhi seketike. Belajar menahan ‘ingin. Belajar merasakan menjadi orang berkekurangan sehingga untuk makan sehari –hari kesulitan. Nyatanya sekarang kaum dewasa justru menjadikan ajang puasa untuk jor-joran menimbun makanan dan minuman menjelang berbuka puasa. Aneka menu terhidang. Puasa 10 jam menjadikan mulut dan perut kalap. Jika puasa hanya hanya menahan lapar semata, maka yang didapat hanya rasa kenyang.

Maka nikmat Allah  mana lagi  yang engkau dustakan (Arrahman:55)


Laayasy robanna akhaduminkum qooimaa
Janganlah kamu minum sambil berdiri

Salah satu hadits yang paling sering diucapkan Keenan. Meaning, emaknya sering lupa :-p. Belajar bersama anak menjadi salah satu pola yang mengemuka saat ini. Iya system pembelajaran 20 tahun lalu tentu jauh berbeda dengan saat generasi Y mulai berinteraksi aktif dengan pengetahuan.

No comments:

Post a Comment